Hukum Tajwid Surat Al-Lahab Lengkap Penjelasan Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang mulia ini kami akan bahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Lahab lengkap dengan penjelasan latin dan artinya. Surat Al-Lahab ini adalah surat ke-111 di dalam Al-Quran. Al-Lahab  artinya gejolak api. Untuk menganalisa secara mendalam berkenaan tentang hukum tajwid dari surat tersebut maka kita simak berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-Lahab Lengkap Penjelasannya

Ada pun penjelasan dari nomor-nomor di atas adalah
1. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ba berharakat kasrah bertemu wau dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Idgham bighunnah karena huruf ba' berharakat kasrah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
4. Qalqalah kubra karena huruf qalqalah ba diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
5. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
Baca pula : Perbedaan Haji dan Umrah Lengkap.
8. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
10. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Qalqalah kubra karena huruf qalqalah ba diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
12. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Ikhfa karena huruf ra berharakat fathah tanwin bertemu huruf dzal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa'.
Baca juga : Doa Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya .
15. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
16. Qalqalah kubra karena huruf qalqalah ba diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
17. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ra. Cara membacanya dengan jelas.
18. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Ada dua hukum di sini, pertama ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ha. Dibaca secara jelas.
21. Qalqalah kubra karena huruf qalqalah ba diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
Baca juga : Doa Selamat Lengkap Arab Latin dan Artinya .
22. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
23. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf jim berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
24. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
25. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
26. Idgham bighunnah karena huruf lam berharakat dhamah tanwin bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
27. Idgham bighunnah karena huruf nun sukun bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
28. Qalqalah kubra karena huruf qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
Baca juga : Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin dan Artinya .

Kemudian untuk latin dari Surat Al-Lahab adalah : 
1. TABBAT YADAA ABII LAHABIWWATABB.
2. MAA AGHNAA ‘ANHU MAALUHUU WA MAA KASAB.
3. SAYASHLAA NAARAN DZAATA LAHAB.
4. WAMRA ATUHUU HAMMAA LATAL HATHAB.
5. FII JIIDIHAA HABLUM MIMMASAD.

Sedangkan untuk terjemah dari surat Al-Lahab ialah :
1. binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa[1].
2. tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.
3. kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.
4. dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar[2].
5. yang di lehernya ada tali dari sabut.

Keterangan :
[1] Yang dimaksud dengan kedua tangan Abu Lahab ialah Abu Lahab sendiri.
[2] Pembawa kayu Bakar dalam bahasa Arab adalah kiasan bagi penyebar fitnah. Isteri Abu Lahab disebut pembawa kayu Bakar karena dia selalu menyebar-nyebarkan fitnah untuk memburuk-burukkan Nabi Muhammad s.a.w. dan kaum Muslim.

Demikian pembahasan tajwid ini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya .

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Lahab Lengkap Penjelasan Latin dan Artinya