Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunah Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa sebelum berhubungan suami istri sesuai sunnah lengkap latin dan artinya begitu penting untuk diketahui. Sebelum melakukan hubungan badan atau intim antara suami istri hendaknya membaca doa. Istilah lain untuk hubungan persetubuhan antara suami istri adalah jimak. Kita sebagai orang-orang yang beriman ingin segala hal yang dilakukan di dunia ini tidak sia-sia. Dengan kata lain semua aktivitas hidup itu hendaknya bernilai ibadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Setiap tarikan nafas kita tidak lepas dari keinginan untuk selalu menghambakan diri  di hadapan Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Perkasa.

Manusia memang diciptakan di dunia ini untuk beribadah kepada-Nya. Hal itu sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta'ala di dalam Al-Quran Surat Adz-Dzariyat ayat 56, yang artinya: " Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku". Jelas sekali dalam ayat ini bahwa tujuan utama manusia itu diciptakan ialah agar beribadah. Memang banyak sekali bentuk ibadah itu. Diantaranya mengerjakan shalat. Khusus masalah ibadah shalat ini nanti ada shalat wajib lima waktu. Juga ada shalat sunah yang banyak sekali macamnya. Misalnya ada shalat sunah dhuha, shalat istikharah, shalat gerhana bulan, shalat gerhana matahari, shalat tarawih, shalat witir, shalat rawatib, shalat tahajud, serta shalat tahiyatul masjid. Ibadah selanjutnya berpuasa. Ini pun ada puasa wajib selama sebulan penuh di bulan ramadhan dan ada juga berbagai puasa sunah. Sesuai kalender hijriyah, dalam sebulan bisa terdapat tiga puluh atau dua puluh sembilan hari. Contoh puasa sunah, antara lain yakni puasa enam hari di bulan syawal, puasa senin kamis, puasa daud, puasa tiga hari di tengah bulan, puasa arafah, dan puasa asy-syura.

Selain puasa, ada pula ibadah membayar zakat. Ini pun ada dua macam, yakni zakat fitrah dan juga zakat mal. Zakat fitrah biasanya dikeluarkan saat akhir bulan ramadhan. Ibadah berikutnya yakni melaksanakan haji ke baitullah untuk setiap muslim yang telah mampu. Haji merupakan bagian ibadah yang merupakan rukun Islam yang kelima Tidak setiap saat kita bisa melaksanakan ibadah haji. Hanya pada musim haji saja kita bisa melakukannya. Selain ibadah yang kami sebutkan tersebut, masih banyak aneka jenis ibadah yang lainnya. Melakukan ibadah umrah juga termasuk ibadah yang penting. Memang ada banyak perbedaan haji dan umrah itu. Salah satunya, kalau ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu waktu tertentu.

Di samping itu, banyak jenis ibadah yang lainnya. Membantu pembangunan masjid, menjenguk orang yang sedang sakit, mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain seperti mengajari cara membaca Al-Quran dengan benar, bekerja keras untuk menafkahi keluarga, membuat sumur yang bisa digunakan untuk masyarakat umum, kerja bakti membangun jembatan, memperbaiki fasilitas jalan raya, memberi uang kepada fakir miskin serta anak yatim, semuanya juga termasuk bagian ibadah yang akan mendatangkan ridha Allah subhanahu wa ta'ala. Serta juga saat kita memiliki kebiasaan rutin seperti membaca doa keluar rumah , doa masuk rumah, doa masuk WC , doa keluar WC, doa sebelum makan, doa sesudah makan , doa sebelum tidur, doa bangun tidur serta doa-doa yang lainnya. Bahkan sekedar memberi makan kepada orang lain seperti mentraktir teman pun juga termasuk sedekah yang berpahala.

Kita sering kali menerima kabar tentang akan menikahnya keluarga, saudara, tetangga, teman, rekan kerja, dan lain-lain. Begitu bergembiranya hati kita saat mendengarnya. Bahkan kita pun kerap kali menerima undangan untuk menghadiri pernikahan itu. Memang ketika dua insan manusia melangsungkan pernikahan pun sebetulnya termasuk ibadah juga. Mereka yang akan menikah harusnya berniat di dalam hatinya bahwa mereka menikah itu untuk beribadah. Menikah juga memang termasuk fitrahnya manusia. Hal itu sebagaimana firman Allah dalam Surat Ar-Rum ayat 21, yang artinya : "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir".

Tatkala kita pergi ke acara pernikahan, tidak boleh lupa untuk kita membaca doa untuk pengantin. Para tamu yang hadir pun juga kadang mendoakan agar segera mendapat momongan. Hal ini sangatlah diharapkan bagi kedua mempelai. Doa itu sangat bermanfaat bagi mereka. Bagi kita yang hadir di acara pernikahan, tentunya tidaklah berat untuk sekadar melafazhkan doa. Namun, bagi pengantin, didoakan oleh para tamu yang hadir sangatlah senang. Mereka sangat berterima kasih atas doa yang diucapkan itu. Kedua mempelai pun hendaknya memulai menempuh hidup baru dengan selalu memohon petunjuk dan pertolongan-Nya. Di samping menikah itu ibadah. Menikah itu juga bagian dari kenikmatan. Seorang yang mendapat kenikmatan maka patut dan wajib untuk mensyukurinya. Cobalah seorang yang telah menikah itu melihat seluruh manusia dunia ini. Tidak sedikit kita jumpai orang yang belum menikah. Dengan bersyukur, insya Allah kita akan ditambah lagi nikmat dari-Nya. Kemudian salah satu hal yang tidak boleh dilupakan di malam pertama, sang mempelai pria atau laki-laki hendaknya membaca doa sebelum berhubungan suami istri sesuai sunnah lengkap latin dan artinya. Berdoa adalah salah tanda orang yang bersyukur. Mengenai lafazhnya dalam bahasa arab yaitu :

Doa Buat Hubungan Suami Istri Sesuai Sunah

Latinnya :
BISMILLAHI ALLAHUMMA JANNIBNASY SYAITHAANA WA JANNIBISY SYAITHAANA MAA RAZAQTANAA.
Artinya :
Ya Allah! Jauhkan kami dari setan, dan jauhkan setan untuk mengganggu apa yang Engkau rezekikan kepada kami.

Tidaklah panjang alias pendek doanya. Sehingga tidaklah sulit untuk dihafalkan. Doa tersebut bersumber dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim. Arti lengkap dari hadits tersebut yaitu "Jika salah seorang dari kalian (yaitu suami) ingin berhubungan intim dengan istrinya, lalu ia membaca do'a: Ya Allah! Jauhkan kami dari setan, dan jauhkan setan untuk mengganggu apa yang Engkau rezekikan kepada kami., kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya". Sungguh penting membaca doa ini. Sebagai seorang suami dan istri maka hendaklah selalu menjaga keharmonisan rumah tangga. Tentunya melakukan hubungan badan antara suami istri atau jimak itu tidak hanya di malam pertama saja. Namun, bisa dilakukan kapan saja karena telah resmi menjadi suami dan istri. Terkecuali ketika sang istri sedang berhalangan seperti saat haid. Maka, membaca doa sebelum berhubungan suami istri sesuai sunnah tersebut tetaplah tidak boleh ditinggalkan. Setiap kali melakukan hubungan badan hendaknya membacanya.  

Dalam hadits Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Muslim, yang artinya: Hubungan badan antara kalian adalah sedekah. Para sahabat lantas ada yang bertanya pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, 'Wahai Rasulullah, apakah dengan kami mendatangi istri kami dengan syahwat itu mendapatkan pahala? 'Beliau menjawab, 'Bukankah jika kalian bersetubuh pada yang haram, kalian mendapatkan dosa. Oleh karenanya jika kalian bersetubuh pada yang halal, tentu kalian akan mendapatkan pahala'. Dari hadits tersebut dapat kita ketahui bahwa melakukan hubungan antara suami istri itu akan mendapatkan pahala. Tetapi tentu saja hendaklah didasari dengan niatan yang ikhlas. Demikian artikel ini semoga memberi manfaat untuk para pembaca semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Tasyahud Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunah Lengkap Latin dan Artinya