Apa Arti Kata Qomarun Dalam Bahasa Indonesia ?

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pak, apa sih arti kata qomarun dalam bahasa Indonesia ? Saya sering mendengar kata tersebut lewat orang yang membaca syair atau lagu. Sering pula mendengarnya dari video atau mp3 baik di acara pernikahan, pengajian, atau di tempat-tempat lainnya. Lalu tulisan arabnya bagaimana? Terima kasih atas penjelasannya.

Jawab :

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Pertanyaan yang anda sampaikan memang sangatlah bagus. Sebuah bukti nyata bahwa anda ingin benar-benar menambah ilmu dan wawasan. Sering bertanya akan menjadikan luasnya wawasan yang dimiliki. Sikap seperti ini layak untuk dicontoh oleh siapa pun yang menginginkan bertambahnya ilmu dan kebaikan. Memang kita sering mendengar kata qomarun tersebut. Di mana saja. Lewat syair atau apa pun. Bahkan tidak sedikit orang tua yang memberikan nama anaknya qomar. Sedikit mirip dengan lafazh qamarun ini. Nah, untuk tulisan arabnya adalah

Arti Kata Qomarun Dalam Bahasa Indonesia

Cukup singkat tulisannya. Kemudian mengenai apa arti qomarun itu dalam bahasa Indonesia? Qomarun berarti bulan. Setiap kita di dunia ini tentu sudah tidak asing lagi dengan kata bulan. Karena di dalam kalender kita mengenal dalam satu tahun ada dua belas bulan. Baik itu kalender Islam Hijriyah atau Masehi. Dalam bentuk fisik, di waktu malam kita bisa melihat bulan. Sebuah benda langit yang mengelilingi bumi. Pada tanggal 13, 14, dan 15 pada kalender hijriyah di waktu malam muncullah yang namanya bulan purnama dimana cahanya sangat indah dan terang. 

Keindahan bulan purnama tidak bisa disandingkan dengan yang lainnya. Manusia yang lemah tidak akan mampu menandingi keindahan dari bulan purmana. Maka hendaknya manusia banyak berfikir tentang segala yang diciptakan Allah subhanahu wa ta'ala. Demikian jawaban kami semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Apa Arti Kata Qomarun Dalam Bahasa Indonesia ?