Doa Agar Diteguhkan Hati Dalam Agama Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa agar diteguhkan hati dalam agama lengkap latin dan artinya sangat penting untuk kita ketahui. Kita saat ini sedang menjalani hidup di alam dunia. Salah satu sifat dunia ialah fana. Maksud dari kata fana itu ialah tidak kekal. Walau bagaimanapun suatu saat akan sirna dunia ini. Itulah nanti yang disebut hari kiamat. Tidak hanya bumi saja yang hancur atau sirna. Termasuk siapa atau makhluk yang ada di atasnya. Memang itulah sifatnya. Mesti harus kita yakini dan benar-benar disadari. Sehingga tidak salah dalam mensikapi kehidupan ini.

Dalam kehidupan ini kita sangat perlu untuk selalu beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Kita tidak boleh lupa bahwasannya tujuan diciptakannya manusia ini adalah hanya untuk beribadah. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. di dalam Al-Quran Surat Adz-Dzariyat ayat 56, yang artinya : " dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi (beribadah) kepada-Ku". Dengan sangat jelas dan tegas di dalam ayat itu dijelaskan tentang tujuan penciptaan manusia dan jin.

Perjalanan sebuah kehidupan terkadang memiliki tantangan dan hambatan. Tidak semulus jalan beraspal yang lurus. Dalam jalan yang dilalui terkadang ada hujan, angin, dan panas terik matahari. Jalannya pun kadang tidak rata. Banyak dijumpai lubang-lubang di tengahnya. Terkadang jalannya pun bergelombang. Dilihata oleh mata seolah rata. Namun berbeda ketika dilalui. Jalannya pun naik turun. Kadang naik di sebuah lokasi namun di lokasi lainnya turun. Jalannya pun banyak yang berkelok kelok pula. 

Setiap manusia memiliki hati. Banyak hal bersumber dari hati. Rasa cinta asalnya dari hati. Rasa takut juga berasal dari hati. Rasa malas juga dari hati. Keraguan munculnya dari hati. Yakin adanya di hati. Bahkan munculnya niat yang ikhlas pun adanya di hati. Di tempat inilah, ditentukan kebaikan dan keburukan perilaku manusia. Di dalam tubuh manusia ada segumpal darah. Bila ia baik maka baiklah semua anggota tubuhnya. Maka begitu pentingnya kita untuk menjaga kondisi hati. Sampai-sampai ada syair yang berbunyi di dalamnya, " jagalah hati, jangan kotori. Jagalah hati, lentera hidup ini" . 

Ada banyak cara supaya hati tetap teguh di dalam kebaikan agama Islam ini. Diantaranya ialah selalu mengaji atau menambah ilmu agama Islam. Di zaman sekarang tentu tidak sulit untuk mengakses ilmu. Ada banyak blog di internet yang menyajikan ilmu bagi kaum muslimin. Tulisan-tulisan di dalamnya bisa dengan mudah dibaca. Dengan begitu kita bertambah ilmunya. Dengan smartphone di tangan kita bisa membaca artikel dan lainnya di waktu senggang. Misalnya di sana kita bisa mencari tulisan tentang doa menjenguk orang sakit , doa shalat jenazah , doa sesudah makan , bacaan tasyahud di dalam shalat , doa berbuka puasa , pengertian qanaah , dan lain sebagainya. Banyak sekali. Bahkan aneka video maupun audio pun begitu gampang diperoleh di internet. Tentunya dengan kita akrab dengan teknologi informasi.

Cara lainnya adalah dengan kita memperbanyak membaca ayat-ayat Al-Quran. Itulah petunjuk yang nyata bagi mereka yang ingin menjadi manusia mulia. Manusia yang bertaqwa kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Dalam tiap hari kita sebaiknya tidak absen untuk membaca Al-Quran. Tidak harus banyak yang dibaca. Tidak mesti harus berlembar lembar. Cukup semampunya saja. Asalkan itu dilakukan secara rutin tanpa henti. Akan lebih bagus kita tidak hanya membiasakan diri sendiri. Tetapi, anak-anak yang ada di rumah kita dorong untuk terbiasa membaca Al-Quran. Kita bisa pilihkan waktu terbaik bagi mereka. Misalnya saja sesudah waktu shalat maghrib sampai isya. Di waktu tersebut biasanya suasana badan masih segar.

Cara yang selanjutnya yakni dengan berdoa. Sangat penting untuk kita memohon pertolongan-Nya. Kita ini manusia biasa. Banyak kelemahan di sana sini. Maka sangat penting untuk kita selalu membaca doa agar diteguhkan hati dalam agama. Mengenai lafazh doanya yakni :

DOA YANG PERTAMA

Doa Agar Diteguhkan Hati Dalam Agama

Latinnya :
ALLAHUMMA MUSHARRIFAL QULUUBI SHARRIF QULUUBANAA ‘ALA THA’ATIK.
Artinya :
" Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu".

DOA YANG KEDUA

Doa Supaya Diteguhkan Hati Dalam Agama

Latinnya:
YAA MUQALLIBAL QULUUBI TSABBIT QALBII ‘ALAA DIINIK.
Artinya :
" Wahai yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu".


DOA YANG KETIGA

Doa Agar Istiqomah Dalam Agama

Latinnya:
YAA MUQALLIBAL QULUUBI TSABBIT QALBII ‘ALAA DIINIKA WA ‘ALAA THAA’ATIK.
Artinya:
" Wahai yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu dan di atas ketaatan kepada-Mu".

Kita bisa memilih salah satu dari doa di atas. Sangat bagus juga bila kita baca semuanya. Terutama ketika sehabis shalat wajib lima waktu. Sangat baik sekali untuk kita berdoa di waktu yang mustajab tersebut. Kita mesti memahami sifat hati. Bahwasannya hati itu selalu berbolak balik. Kadang cinta kadang benci. Kadang semangat kadang pula malas. Kadang senang kadang susah. Sangat fluktuatif sekali.

Meskipun hati berbolak balik seperti itu, kita tetap ingin mendapatkan keselamatan. Kita selalu ingin tetap di dalam keimanan dan jauh dari kekufuran. Kita selalu berharap tetap istiqomah di dalam kebenaran agama Islam ini. Tetap taat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasul-Nya. Ketaatan itu kita inginkan hingga akhir hayat kita di dunia ini. Dengan kita membaca doa agar diteguhkan hati dalam agama itu, insya Allah kita akan mendapatkan pertolongan dari-Nya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Agar Diteguhkan Hati Dalam Agama Lengkap Latin dan Artinya