Doa Berlindung Dari Malas Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Gimana kabar hari ini teman-teman? Semua baik-baik saja, kan? Alhamdulillah kalau begitu. Pada hari ini kami mau membahas doa berlindung dari sifat malas lengkap dengan arab latin dan artinya. Amat penting kita mempelajari hal ini. Tiap orang ingin dirinya terhindar dari kemalasan. Hanya saja kalau sudah terkena penyakit malas ini maka segala hal tidak mau melakukan. Orang yang malas mencari rizki dengan bekerja atau berdagang bisa berakibat ia senang hutang. Dalam bahasa Arab, malas adalah kaslaanun. Sedang  dalam bahasa Inggris, malas ialah lazy. Menurut kamus besar bahasa Indonesia malas adalah tidak mau bekerja atau melakukan sesuatu. Orang yang sedang malas maka enggan melakukan berbagai hal. Malas sering dikenal pula dengan istilah mager. Apa itu mager? Mager kependekkan dari malas gerak. 
Dalam kehidupan ini tentu kita tidak ingin diliputi dengan kemalasan. Dalam segala hal.  Mengenai penyebag seseorang bisa malas ini sebetulnya tidak hanya satu faktor. Tetapi lebih dari satu.  Berikut ini beberapa penyebab rasa malas.
1. Tidak memiliki tujuan hidup yang jelas.
Orang yang hidup hanya mengalir cenderung mudah terjangkiti sifat malas. Hidup dijalani sesuai apa adanya. Bahkan ia tak punya target apa pun dalam hidup ini. Meski target itu tidaklah harus yang tinggi sekali, tetapi kita mesti memilikinya.
2. Sudah menjadi kebiasaan lama.
Sesuatu yang sudah biasa memang tidak terasa. Apalagi kebiasaan itu sudah berlangsung amat lama. Apabila kebiasaan malas ini dipertahankan dalam waktu yang lebih lama maka akan semakin kuat pula di benak kehidupan seorang. 
3. Tidak memiliki kedisiplinan dan menejemen dalam diri yang baik.
Tidak mempunyai jadwal yang jelas dalam aktivitas akan membuat seseorang tak disiplin. Pengaturan kegiatan harian pun akan terasa semrawut. Maka penjadwalan dalam segala aktivitas baik mengenai ibadah dan pekerjaan sangat penting. Kita bisa lihat contohnya, misalnya saja seseorang yang harusnya tidur setelah shalat isya, akan tetapi malah begadang hingga larut malam. Akhirnya ia tidak bisa bangun untuk melakukan shalat tahajud.
4. Makan yang terlalu berlebihan.
Segala yang berlebihan tidak membuat baik. Makan yang terlalu banyak pun demikian juga. Akan berdampak seseorang menjadi malas untuk mengerjakan sesuatu. Cara hidup seorang muslim yang baik dalam hal itu adalah dengan memilih makan yang halal lagi baik serta secukupnya. 
5. Tertarik pada sesuatu secara berlebih.
Setiap orang punya hobi. Ada yang hobinya olahraga seperti basket, volly, sepak bola, dan renang. Tatkala seseorang sedang asyik-asyiknya melakukan sesuatu maka ia terkadang menjadi malas untuk mengerjakan kewajiban yang lainnya. 
6. Tidak ada motivasi yang kuat.
Seringkali seseorang ogah-ogahan menjalankan sesuatu sebab tidak adanya motivasi yang ia ketahui. Ada motivasi yang sumbernya di dalam diri tetapi ada pula yang dari luar. 
7. Kurangnya rasa percaya diri.
Ia tidak yakin bahwa dirinya mampu menyelesaikan pekerjaannya. Maka akhirnya ia akan malas untuk melakukannya.

Selanjutnya, malas akan mengakibatkan hal-hal negatif dalam kehidupan. Apa saja dampak malas itu? Di bawah ini, diantaranya :
a. Tugas serta pekerjaan akan menjadi semakin berat karena tertumpuk banyak. Ini disebabkan malas sehingga menunda-nunda pekerjaan atau tugas tertentu.
b. Tidak bisa hidup mandiri. Malas melakukan sesuatu menjadikan seseorang tidak bisa menghasilkan sebuah karya yang terbaik. Bahkan ia tidak mampu mendapatkan nafkah untuk diri sendiri. Tentu akhirnya ia harus tergantung kepada orang lain.
c. Kreativitasnya menjadi hilang. Tak mau berpikir atas sesuatu hal menjadikan seseorang tak kreatif. Pada waktu jangka panjang ia tidak akan mengalami kemajuan dalam hidup. Bahkan bisa tergilas oleh pesaingnya bila itu sebuah bisnis atau usaha.
d. Malas beribadah maka akan menyesal di dunia dan akhirat. Ia akan jauh dari kebaikan disebabkan malas untuk berbuat baik. Padahal, jenis perbuatan baik itu amat banyak dan tidaklah sulit sama sekali untuk dikerjakan. Bahkan sangat mudah. Sebagai contoh, berdzikir dengan mengucapkan bacaan tasbih , membaca doa sebelum makan , membaca doa sebelum tidur , membaca doa naik kendaraan , membaca doa keluar rumah , membaca doa masuk masjid , membaca doa masuk WC , dan  lain sebagainya. Hanya menggerakkan lisan untuk berdoa saja banyak pahalanya. Akan tetapi, bila sudah malas maka tetap saja tidak akan dilakukannya.
e. Malas menjaga kesehatan dan kebersihan akan menjadikan mudah badannya sakit. Kita ambil contoh saja bila ada seseorang yang malas mandi. Orang tersebut akan mendapatkan dampak buruknya, diantaranya : badannya berbau, mudah terserang penyakit, kulit terasa gatal, dan tidak segar badannya.
f. Malas belajar akan menjadikan tidak akan pandai. Bahkan seseorang yang sekolah atau kuliah namun ia malas belajar maka bisa tidak akan lulus atau sukses studinya. 
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Di samping beberapa akibat buruk dia atas, sebetulnya masih ada atau bahkan banyak lagi dampak negatif dari sebuah rasa malas itu. Kita tentu saja tidak ingin mendapati hal yang buruk tersebut. Apabila sekarang kita masih memiliki sifat malas atau setidaknya banyak kemalasannya maka harus segera kita hilangkan. Mulai sekarang harus memiliki niat yang terhujam di dalam hati untuk menjauhi kemalasan. Kemudian carilah pula motivator dalam diri. Bisa itu dari keluarga kita atau orang lain. Untaian nasihat yang kita dapati dari sebuah pengajian atau ceramah agama akan menjadikan atau memunculkan motivasi untuk bisa jauh dari malas dan meningkatkan semangat untuk bisa  berbuat lebih baik. Misalnya saja akan lebih kuat dalam melakukan ikhtiar , qanaah , dan juga rasa tawakal semakin tinggi. Dan yang tak kalah pentingnya ialah dengan membaca doa berlindung dari sifat malas berikut ini.

Doa Berlindung Dari Malas

Latinnya : 
ALLAHUMMA INNI A’UDZU BIKA MINAL ‘AJZI, WAL KASALI, WAL JUBNI, WAL HARAMI, WAL BUKHL. WA A’UDZU BIKA MIN ‘ADZABIL QOBRI WA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT.
Artinya :
" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."

atau bisa pula membaca doa :

Doa Berlindung Dari Malas

Latinnya : 
ALLAHUMMA INNI A’UDZU BIKA MINAL HAMMI WAL HAZANI, WA A’UDZUBIKA MINAL ‘AJZI WAL KASALI.
Artinya :
" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan duka cita, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan malas."

Bisa disebut pula doa anti malas belajar, bekerja, beribadah, dan lain sebagainya. Doa di atas tidak terlalu panjang alias agak pendek. Mudah untuk kita hafal. Setelah hafal maka bisa kita baca setiap hari misalnya setelah shalat wajib 5 waktu, setelah shalat subuh dan sebagainya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman dan para pembaca semuanya. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa shalat istikharah lengkap arab latin artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Berlindung Dari Malas Lengkap Arab Latin dan Artinya