Doa Untuk Orang Tua Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kita sebagai seorang anak tentu wajib membaca doa untuk kedua orang lengkap arab latin dan artinya. Mereka yakni kedua orang tua baik ayah maupun ibu telah berjasa besar bagi kehidupan seseorang. Siapa saja dan dimana saja keberadaannya. Berprofesi apa pun seseorang di masa kini ia mesti harus ingat akan sosok yang membesarkannya. Semenjak di dalam kandungan kita sudah mendapat perhatian besar dari ibu dan bapak. Khususnya ibu yang telah mengandung selama kurang lebih sembilan bulan.

Kedua orang tua berjasa besar bagi kesuksesan seseorang. Para orang tua, semenjak anak-anak masih bayi sudah dirawat dengan hati-hati. Dipilihkan makanan yang terbaik. Orang tua betul-betul memastikan asupan makanan yang diberikan itu mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Orang tua selalu menginginkan anak-anaknya makan yang halal lagi baik. Bila tidak punya uang untuk membelinya maka orang tua itu pun berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memiliki uang sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Orang tua kadang memilih memakai pakaian seadannya dan amat sederhana hanya agar bisa menghemat uang sehingga bisa membelikan pakaian yang bagus untuk putra putrinya. Bila mana sang anak sakit, maka cepat-cepat ayah dan ibu membawanya ke dokter untuk segera mendapatkan pengobatan dan penanganan. Malam pun kadang tidak dianggap malam. Waktu malam kadang seperti siang bagi kedua orang tua. Sebab di waktu malam pun mata harus terjaga karena sang buah hati pun belum tidur.

Menginjak usia berikutnya, para orang tua mulai berpikir tentang mendidik anak-anaknya. Mulai mereka mengajarkan kebiasaan-kebiasaan positif. Akhlak dan adab Islami diajarkan semenjak usia dini di dalam lingkungan keluarga. Contohnya bila mau makan maka membaca doa sebelum makan. Setelah selesai membaca doa juga. Bila hari sudah malam diajarkan membaca doa sebelum tidur. Kemudian bila sudah pagi diajari pula membaca doa bangun tidur. Apabila mau buang air kecil dan besar maka diajak ke WC. Diajari juga sebelumnya dengan membaca doa masuk WC. Melangkahnya pun dengan kaki kiri terlebih dahulu. Sesudah selesai pun diajak untuk membaca doa keluar WC. Tatkala dibelikan baju baru oleh ayah maka sang anak sebelum mengenakannya juga diajari untuk membaca doa memakai pakain baru. Demikian pula ketika tiap hari mengenakan baju atau celana. Tetap pula diajarkan doa memakai pakaian biasa. Bila hendak melepaskan pakaiannya anak pun diajarkan membaca doa melepas pakaian. Ini merupakan akhlak yang sederhana. Akan tetapi bila semenjak kecil tidak dibiasakan maka kala usia dewasa akan lebih sulit membiasakannya. Memang di usia dini kini anak-anak sudah disekolahkan di jenjang  PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), KB (Kelompok Bermain) , dan TK (Taman Kanak-Kanak). Di tempat tersebut anak-anak juga diajarkan doa dan akhlak yang baik. Namun, tanpa praktek di rumah rasanya amat kurang lengkap.

Orang tua pun memberikan contoh tauladan yang bagus demi menjaga akhlak putra putrinya. Misalkan ayah hendak pergi bekerja ia membaca doa keluar rumah terlebih dahulu. Demikian pula bila pulang dari bekerja. Sebelum masuk ke orang tua membaca doa masuk rumah. Apabila hal itu disaksikan oleh anak-anaknya maka itu sudah menjadi pelajaran penting bagi kehidupan beragama sang anak. Orang tua juga mencontohkan kebiasaan pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah. Putra putrinya pun diajak. Khususnya mereka yang sudah bisa diatur sehingga di masjid tidak terlalu membuat gaduh atau masalah yang mengganggu jamaah shalat lainnya. 

Sampai pada usia selanjutnya, orang tua menyekolahkan anak-anaknya. Ada yang sampai tingkat menengah hingga ke perguruan tinggi. Ditambah lagi dengan berbagai pemenuhan ketrampilan tambahan. Anak diikutkan kursus-kursus atau pelatihan. Besar sekali biaya yang dikeluarkan oleh orang tua. Semuanya dilakukan demi masa depan dan kebahagiaan sang anaknya di dunia sampai akhirat kelak. Belum lagi kalau nanti sudah masuk usia menikah. Orang tualah yang menikahkan anaknya. 

Masih banyak jasa dari kedua orang tua bila kita mengingatinya. Kita mesti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada mereka berdua. Tidak bisa kita melupakannya. Maka wajib kita untuk berbakti kepada orang tua baik ayah maupun ibu. Salah satu caranya iala dengan mendoakan mereka berdua. Lafazh doa anak kepada orang tua adalah

DOA YANG PERTAMA

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
RABBIGHFIRLII WALI WAALIDAYYA WARHAM HUMMA KAMAA RABBAYAANII SHAGHIIRAA.
Artinya:
" Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil ".

DOA YANG KEDUA

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
ALLAAHUMMAGHFIRLII WALI WAALIDAYYA WARHAM HUMMA KAMAA RABBAYAANII SHAGHIIRAA.
Artinya:
" Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil ".

DOA YANG KETIGA

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya : 
RABBIRHAM HUMAA KAMAA RABBA YAANII SHAGIIRAA.
Artinya: 
" Wahai, Tuhanku ! Sayangillah keduanya sebagaimana mereka berdua telah menyayangiku pada waktu aku kecil ".


DOA YANG KEEMPAT

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
RABBANAGHFIRLII WALI WAALIDAYYA WALIL MU’MINIINA YAUMA YAQUUMUL HISAAB.
Artinya: 
" Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mu’min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat) ". 

DOA YANG KELIMA

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALI WAALIDAYYA WARHAM HUMAA KAMAA RABBAYAANII SHAGHIIRAA.
Artinya:
" Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil ".

DOA YANG KEENAM

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
RABBANAGHFIRLANAA WALI WAALIDAINAA WARHAM HUMAA KAMAA RABBAYAANAA SHIGHAARAA.
Artinya:
" Ya Allah, ampunilah kami dan kedua orang tua kami, serta berilah rahmat kepada keduanya, sebagaimana mereka mendidik kami di waktu kecil ".


DOA YANG KETUJUH

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
ALLAHUMMAGHFIRLANAA DZUNUUBANAA WA DZUNUUBA WAALIDAINAA WARHAM HUMAA KAMAA RABBAYAANAA SHIGHAARAA.
Artinya:
" Ya Allah ampunilah dosa dosa kami dan dosa kedua orang tua kami, serta sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kami ".
Baca juga : Doa Lailatul Qadr Lengkap Arab Latin dan Artinya.

DOA YANG KEDELAPAN

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
RABBIGH FIRLII WALI WAALIDAYYA WA LIMAN DAKHALA BAITIYA MU’MINAWWALIL MU’MINIINA WAL MU’MINAATI WA LAA TAZIDIZHZHAA LIMIINA ILLAA TABAARAA.
Artinya:
" Wahai Tuhanku. ampunilah aku, ibu bapakku, dan orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan ".

DOA YANG KESEMBILAN

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
ALLAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALI WAALIDAYYA WARHAM HUMAA KAMAA RABBAYAANII SHAGHIIRA, WA LIJAMII 'IL MUSLIMIINA WAL MUSLIMAATI WAL MU'MINIINA WAL MU'MINAATI, AL AHYAA'I MINHUM WAL AMWAATI, WA TAABI' BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHAIRAATI, RABBIGHFIR WARHAM WA ANTA KHAIRUR RAAHIMIIN. WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL AZHIIM.
Artinya :
" Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu ".

Kita bisa membaca salah satu atau bahkan semua doa untuk orang tua seperti di atas. Bila kita melihat arti dari doa di atas maka kita akan menemukan makna yang luar biasa  di dalamnya. Sangat bagus untuk kita selalu merutinkan membacanya dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, adab banyak cara berbakti kepada orang tua selain mendoakan mereka. Diantara tata cara berbakti kepada kedua orang tua, yaitu :
1. Taat atas perintah kedua orang tua selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan perintah Allah dan Rasulullah. Bila mana perintah dari orang tua bertentangan dengan perintah Allah dan Rasulullah maka kita tidak mematuhi perintah tersebut.
2. Menjaga sopan santun kepada kedua orang tua kita.
3. Selalu menghormati orang tua.
4. Senantiasa berkata baik kepada keduanya. Dilarang untuk berkata keras dan kasar terhadap mereka. Apalagi membentak, maka ini sangat dilarang.
5. Mendengarkan nasihat mereka dan mengikutinya. 
6. Menjaga nama baik kedua orang tua di mana saja.
7. Selalu berbuat kebaikan kepada kedua orang tua.
8. Membantu pekerjaan orang tua. Apalagi bila mereka meminta kepada kita, maka kita mesti membantunya. 
9. Bila mereka sudah tua dan perlua penjagaan maka anak-anak berkewajiban menjaganya. 

Itulah beberapa hal yang merupakan cara berbakti kepada orang tua. Ridha Allah Subhanahu wa ta'ala tergantung kepada ridhanya orang tua. Maka kita pun mesti selalu memperhatikan orang tua. Semoga kita selalu dimudahkan untuk bisa banyak membaca doa untuk orang tua. Setelah kita selesai dari shalat wajib dan waktu-waktu utama berdoa yang lainnya adalah momen yang tepat untuk kita mendoakan mereka. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Doa Untuk Orang Tua Lengkap Arab Latin Dan Artinya